Wajan Bolic VS CPE 16 dBi

Setelah adanya CPE 1000mW yang memakai antena Panel 16 dBi orang beranggapan antena tersebut asing dan mahal. Berbeda dengan Wajan Bolic yang sudah lama dipakai dan murah merakyat. Tetapi apakah antena tersebut masih bagus untuk 5bulan atau bahkan 1 tahun hingga 2 tahun ? Apakah stabil hasil dari antena Wajan Bolic tersebut ? mari kita bahas di topic CPE 16 dBi VS Wajan Bolic.
CPE 16 dBi
Sebenarnya CPE ini merupakan sebuah Antena Client yang memiliki Antena 16 dBi dengan radio atau Aksespoint yang berbeda mulai 100mW, 400mW, dan hingga 1000mW. CPE 16 dBi ini dibuat untuk perangkat Antena Client dengan jarak hingga 3 KM. Antena dengan langsung pasang dan connect ini sudah banyak yang memakai SeIndonesia. Bahkan Hotspot dan Rt Rw Net kami kebanyakan memakai antena CPE tersebut. CPE ini mampu bertahan hingga 2 tahun. Bahkan Client Rt Rw Net kami sejak pasang hingga sekarang masih OK. Untuk kemampuannnya sendiri sudah tidak diragukan lagi karena sudah banyak yang memakai dan membuktikannya.
Wajan Bolic
Wajan Bolic merupakan Antena Client yang sudah lama ada dan banyak yang memakai. Dengan cuma menghandalkan connector yang memiliki penampang tembaga kecil serta memakai Aksespoint USB atau radio-radio biasa. Kemampuannya dulu memang tidak diragukan, tetapi karena seiring berjalannya waktu dan sudah banyak yang memakai jaringan Internet khususnya Wifi jadi kehndalannya Wajan Bolic sudah berkurang. Antena ini hanya mampu beberapa bulan saja syukur-syukur bisa bertahan 1 tahun. Dalam pembuatannya memah murah hanya memakai Wajan penggorengan yang biasa dipakai Ibu-Ibu untuk menggoreng.
Seberapa Jauh Antara CPE 16 dBi dengan Wajan Bolic ?
CPE 16 dBi mampu mengakses sentral dengan jarak 3 KM lebih sedangkan Wajan Bolic cuma mampu hingga 1 KM.
Bagaimana kemampuannya antara kedua antena tersebut ?
Seiring berjalannya waktu, kepekaan sinyal yang dihasilkan CPE 16 dBi lebih bagus daripada Wajan Bolic.

2 Tanggapan to “Wajan Bolic VS CPE 16 dBi”

  1. Ichsan Rosadi Says:

    Bagus tuh, kalau memang ada antenna pengganti yang punya kepekaan lebih baik dari WB, sebab kita butuh link wireless yang baik. Tapi harus kita pertimbangkan juga kemampuan daya beli masyarakat selaku klien, juga kompetitor yang menjual dengan akses lebih mudah dan murah. Diperlukan inovasi tiada henti untuk memberikan pelayanan jasa internet yang murah dan berkualitas untuk masyarakat.

  2. deracahyono Says:

    Iya pak memang kita harus pikirkan yg paling murah dengan kualitas yg te2p oke, memang selama ini Bolic lebih ok cman kadang terkendala dengan troughput dan lifetime nya yg kurang bgtu awet…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: